Site icon COCMONVISTAR

6 Cara Ampuh Cek HP Vivo Asli atau Palsu

Cocmonvistar.com – Vivo merupakan brand smartphone yang sedang naik daun saat ini. tidak heran jika ada oknum yang memanfaatkan kepopuleran brand ini untuk menjadi peluang bisnis. yakni dengan cara membuat replika smartphone vivo yang biasanya di lebeli dengan nama hdc atau supercopy.

Keberadaan smartphone replika ini membuat resah para pembeli, khususnya para pembeli barang second. mereka kesulitan membedakan antara vivo asli dan vivo kw.

Jika dilihat sekilas mungkin smartphone ini memiliki fisik yang sangat mirip. namun jika di perhatikan secara detail dan di lihat di segi fiturnya maka akan terlihat perbedaan yang signifikan.

Berikut ini adalah cara mengetahui hp vivo asli dan vivo kw melalui berbagai pengecekaan.

9 Tips Cek HP Vivo Asli dan Vivo KW

Tips ini akan membantu membedakan antara smartphone vivo asli dan vivo kw. ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cek Kode IMEI

IMEI merupakan kode indentitas smartphone yang sangat aman. kode ini tidak bisa di palsukan.

Melalui kode IMEI kita bisa mendapatkan berbagai informasi seputar smartphone. seperti tipe hp, tahun pembuatan hingga di negara mana hp tersebut di buat.

Ikuti langkah berikut ini untuk cek keaslian vivo melalui kode imei:

  1. Masuk ke menu panggilan dan masukkan kode *#06#
  2. Kemudian klik Panggil
  3. Nanti akan muncul kode IMEI , catat kode tersebut
  4. Buka situs resmi vivo di sini https://www.vivo.com/id/support/IMEI
  5. Masukkan kode IMEI yang sebelumnya di catat. Kemudian ceklis di bawahya di tulisan saya setuju
  6. Tekan tombol Kirim

Setelah itu akan otomatis menampilkan seluruh informasi tentang smartphone vivo berdasarkan IMEI tersebut. Jika smartphone tersebut adalah barang original.

Jika barang tidak muncul informasi apapun bisa di pastikan smartphone tersebut adalah barang kw atau replika.

2. Cek Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen adalah syarat wajib untuk penjualan barang resmi atau legal. yang mana dokumen ini akan memperkuat status barang tersebut.

Smartphone original tentu saja di lengkapi dokumen pendukung tersebut. seperti buku panduan, spesifikasi hp, dokumen pembuatan hingga toko tempat anda membeli smartphone tersebut.

3. Cek Garansi

Garansi merupakan salah satu layanan yang di berikan kepada setiap konsumen yang membeli perangkat secara resmi atau legal. garansi hanya dapat di peroleh jika anda membeli barang original. jadi pastikan smartphone yang di beli memiliki kartu garansi resmi.

Garansi dapat di klaim jika produk yang di terima konsumen tidak normal atau memiliki kerusakan kompenen akibat kesalahan produksi.

Untuk smartphone masa garansi yang di berikan adalah 1 tahun setelah pembelian di gerai resmi.

4. Cek Perangkat Lunak

Sistem operasi pada smartphone vivo original tentu di bekali dengan sistem operasi terbaru. selain itu juga tersedia dukungan pembeharuan perangkat lunak, kecuali smartphone tersebut telah di produksi terlalu lama dan sudah tidak di dukung dengan pembaharuan perangkat lunak.

Cek sistem operasi melalui menu berikut ini Settings>>System>>About Phone

Di menu tersebut terdapat informasi seperti versi android, versi perangkat lunak,IMEI , ram hingga memori.

5. Tampilan Smartphone

Smartphone original memiliki desain bodi yang lebih elegan dan kokoh. karena menggunakan material dengan kualitas yang baik. perbedaan signifikan bisa di lihat di bagian belakang, casing backdoor pada hp kw atau tidak ori biasanya menggunakan bahan material plastik dan cat mudah luntur.

6. Ketajaman Layar

Vivo original tentu akan memberikan yang terbaik untuk penggunanya. khususnya di bagian layar, karena di situlah konsumen akan menilai.

Tampilann layar vivo original memiliki tampilan yang tajam dan jernih. sebaliknya jika hp tersebut kw biasanya memiliki tampilan layar yang agak kusam dan tidak jernih seperti vivo original.

Dengan tips di atas semoga bisa membantu mengetahui smartphone vivo original dan vivo kw. temukan juga tips-tips lainnya seputar gadget hanya di cocmonvistar.

Exit mobile version